kecanggihan dari Metaverse

5 Kecanggihan dari Metaverse dan Hal yang dapat Dilakukan

TeknoloNews.com – Kecanggihan dari Metaverse menjadi topik perbincangan yang tengah hangat akhir-akhir ini. Metaverse seolah menjadi bahan perbincangan yang paling sering dibahas oleh para pengembang teknologi dan orang-orang yang selalu mengikuti perkembangan sebuah dunia teknologi. 

Jadi Metaverse itu merupakan sebuah dunia digital yang memungkinkan semua orang dapat melakukan aktivitas secara digital yang menyenangkan. Untuk bisa masuk kedalam dunia digital tersebut, Anda memerlukan perangkat yang memiliki teknologi AR atau VAR untuk masuk kedalam dunia Metaverse. 

Kecanggihan dari Metaverse dan Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Metaverse

Dengan munculnya Metaverse membuat beberapa kegiatan yang dulunya hanya dapat dilakukan dalam dunia nyata saja, kini kegiatan tersebut mungkin bisa dilakukan secara virtual melalui Metaverse yang tengah dikembangkan. 

Lantas kecanggihan dari Metaverse dan kegiatan yang bisa dilakukan menggunakan ini. Berikut ini penjelasan yang selengkapnya. 

  • Bermain Game

Sejak kemunculan VAR beberapa tahun yang lalu, bermain game menggunakan perangkat tersebut memang diakui lebih menyenangkan karena sang pemain dapat merasakan langsung terjun dalam sebuah permainan yang sedang dimainkan. Hal ini juga berlaku jika bermain game di dunia Metaverse maka Anda akan mendapatkan hal yang serupa. 

Kecanggihan dari Metaverse telah mendorong beberapa produsen game online untuk menciptakan permainan yang bisa dimainkan di dunia Metaverse seperti Miner of Dalarnia, Gala, Sandbox, Chromia dan masih banyak permainan lainnya yang bisa Anda rasakan bila bermain menggunakan teknologi Metaverse. 

  • Menonton Konser

Menonton konser adalah salah satu kegiatan yang mungkin dilakukan dalam Metaverse. Dengan menggunakan teknologi Virtual Reality Anda sudah tidak perlu berdesak-desakan untuk menonton sebuah konser karena menonton konser menggunakan Metaverse jauh lebih menyenangkan dan sama seperti konser di dunia nyata. 

Salah satu artis yang telah menggunakan kecanggihan dari Metaverse untuk menggelar konser ialah Justin Bieber. Sehingga menonton konser dengan Metaverse adalah terobosan baru yang sangat menyenangkan. 

  • Berdiskusi

Ini merupakan salah satu keuntungan kecanggihan dari Metaverse yang menguntungkan untuk para pebisnis. Para pekerja bisa melakukan diskusi secara online melalui Horizon Workrooms yang dikembangkan oleh Meta. Dengan ini berdiskusi masalah pekerjaan akan semakin mudah dan menyenangkan. 

Dengan Horizon Workrooms Anda dapat berbagi ruangan dengan para pengguna lainnya. Selain itu Anda juga akan melihat secara langsung kantor Metaverse dari Horizon Workrooms yang bisa digunakan untuk melakukan rapat kantor ataupun jenis diskusi yang lainnya. 

  • Melakukan Perjalanan

Dengan hadirnya teknologi Virtual Reality Anda bisa mengunjungi tempat-tempat Metaverse lainnya hingga jarak yang jauh sekalipun. Hal ini bisa Anda lakukan asalkan tempat yang ingin Anda kunjungi tersebut telah memiliki desain Metaverse yang bisa dikunjungi oleh pengguna Metaverse lainnya. 

Dengan kecanggihan dari Metaverse tersebut Anda bisa berkeliling ke sebuah tempat dengan modal perangkat VR, ponsel atau menggunakan komputer. 

  • Melihat Karya Seni

Kegiatan terakhir yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan kecanggihan dari Metaverse adalah melihat karya seni yang diciptakan oleh banyak orang. Untuk melihat karya seni tersebut Anda harus membayar dengan harga yang beragam, mulai dari ribuan, ratusan, hingga paling mahal bisa mencapai miliaran per satu buah karya seni. 

Karya seni yang dimaksud merupakan NFT atau kepanjangan dari Non Fungible Token yang saat ini tengah menjadi tren banyak orang untuk dijadikan bahan investasi. NFT ini dapat Anda lihat dari beberapa marketplace yang menjual karya ini seperti Binance, OpenSea, SandBox, Tezos, Etoro dan blokchain lain yang sedang ramai digunakan saat ini. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa semakin maju dunia teknologi akan membuat peradaban dunia menjadi berkembang lebih pesat dan akan sangat jauh berbeda dari 10 hingga 20 tahun yang akan datang. Di mana dari tahun-tahun tersebut mungkin dunia seperti Metaverse telah menjadi dunia kedua selain dunia nyata seperti saat ini. 

Hal ini tentu akan berdampak pada kehidupan manusia yang dituntut supaya lebih cerdas lagi untuk bisa mengembangkan inovasi-inovasi yang mungkin akan dibutuhkan di masa depan. Nantinya pasti akan ada lebih banyak hal dan kegiatan yang bisa dilakukan menggunakan kecanggihan dari Metaverse.

Avatar of Zulfianto
Zulfianto

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 5 Kecanggihan dari Metaverse dan Hal yang dapat Dilakukan yang dipublish pada 22 Mei 2022 di website TeknoloNews.com

Artikel Terkait

error: Konten di proteksi !!!