aplikasi chat selain wa dan telegram

Rekomendasi Aplikasi Chat Selain WA Dan Telegram Yang Booming

Beralihnya pesan singkat atau sms ke aplikasi messenger merupakan salah satu bukti perkembangan teknologi. Karena mudah dan dapat digunakan secara online membuat pesan singkat sudah lama ditinggalkan. Beberapa contoh aplikasi messenger yang mendominasi di kalangan pengguna adalah WA dan Telegram. Ada pula aplikasi chat selain WA dan Telegram yang sedang digandrungi.

Beberapa aplikasi mulai digandrungi oleh pengguna yang ingin mencari suasana baru untuk melakukan kegiatan chatting. Bukan hanya itu, ada juga yang sudah lama menjadi pesaing dari WA dan Telegram. Keuntungan dari masing-masing aplikasi membuat pengguna mulai tertarik untuk mencoba. Di bawah ini adalah daftar aplikasi yang dapat dicoba.

Daftar isi

1. Line

Aplikasi dari Negara Sakura ini memang sudah cukup terkenal semenjak WA mulai banyak digunakan. Bisa dibilang pesaing WA karena Line menggabungkan aplikasi WA dan Facebook Messenger untuk fitur yang digunakan. Dengan memiliki tema yang beragam serta stiker sebagai ciri khas yang digunakan, tentu membuat pengguna makin tertarik dengan aplikasi ini.

Dirilis pada tahun 2011 tidak membuat pesona Line makin meredup, aplikasi ini terus berkembang dan beradaptasi dengan pengguna. Buktinya sampai sekarang Line sudah diunduh oleh 500 juta pengguna Play Store. Dengan fitur yang dapat diperoleh antara lain Line VOOM, Home dan dapat digunakan di desktop serta IOS.

2. Viber

Aplikasi chat selain WA dan Telegram yang kedua adalah Viber. Aplikasi dengan logo mirip dengan WA dan bernuansa purple ini sudah dirilis pada 19 Juli 2011. Sejak dirilis, Viber sudah didownload sebanyak satu miliar pengguna android dengan ukuran sebesar 46,94 MB.

Beberapa fitur yang ditawarkan adalah React to Messages, Self-Destructing Messages, Masuk atau mulai Viber Community. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai GIF dan lebih dari 55 ribu sticker untuk penggunanya. Viber juga dapat digunakan di berbagai platform seperti Iphone, Ipad, Windows PC, Mac dan Linux.

3. WeChat

Developer asal Hong Kong, WeChat International Pte. Ltd pun ikut andil untuk mengembangkan aplikasi messenger pada 30 Januari 2011. WeChat sudah memiliki pengguna sebanyak 100 juta dengan ukuran aplikasi mencapai 140 MB. Walaupun memiliki ukuran yang lebih besar, WeChat memberikan pengguna fitur yang berbeda dari aplikasi lain.

Fitur Nearby People adalah keunggulan aplikasi ini, berfungsi untuk menambahkan teman berdasarkan jarak pengguna terdekat. Fitur lainnya adalah membagikan moments favorite, status, custom sticker dan selfie sticker. Bahkan menariknya, WeChat juga mampu membuat group chats dengan lebih dari 500 anggota di dalamnya.

4. Signal

Aplikasi chat selain WA dan Telegram selanjutnya adalah Signal. Aplikasi ini memiliki tampilan user interface yang serupa dengan Facebook Messenger. Dikembangkan oleh Signal Foundation yang merupakan perusahaan asal Amerika Serikat pada 25 Mei 2010, Signal telah didownload oleh seratus juga pengguna Android KitKat ke atas.

Signal memiliki motto Say “Hello” to privacy yang mana sangat menjunjung tinggi keamanan privasi penggunanya. Fitur lain yang dimiliki adalah pengiriman pesan yang cepat tanpa kendala internet, full gratis dan memiliki berbagai tema. Signal dapat di download di Iphone, Ipad, Windows, Mac maupun Linux.

5. Discord

Rekomendasi aplikasi terakhir adalah Discord, yang mana merupakan aplikasi tergolong baru di antara list aplikasi di atas. Dikembangkan oleh Discord Inc. pada 13 Mei 2015 dan sudah diunduh sebanyak seratus juta kali. Bagi pecinta game mungkin tidak asing dengan aplikasi satu ini, namun seiring berjalannya waktu Discord juga digunakan untuk media pembelajaran.

Discord memiliki fitur yang memudahkan pengguna untuk memilih channel sesuai topik, voice channel, dan memudahkan berkomunikasi saat bermain game. Memiliki tampilan yang sedikit berbeda dengan aplikasi messenger lain membuat pengguna baru sedikit kesulitan saat penggunaannya. Discord dapat digunakan melalui Web, Windows, Android dan IOS.

Aplikasi messenger memiliki berbagai fitur yang menarik serta sangat memudahkan pengguna di era digitalisasi seperti sekarang ini. Aplikasi chat selain WA dan Telegram pun makin menjamur dan saling bersaing untuk memikat banyak pengguna. Jadi, mana yang menjadi pilihan terbaik?

 

 

Avatar of Zulfianto
Zulfianto

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Rekomendasi Aplikasi Chat Selain WA Dan Telegram Yang Booming yang dipublish pada 14 Juni 2022 di website TeknoloNews.com

Artikel Terkait

error: Konten di proteksi !!!