software pembuat game

5 Software Pembuat Game Tanpa Coding Untuk Pemula

TeknoloNews.com – Membuat suatu program seperti game tentunya harus paham coding dan apa saja yang diperlukan dalam setiap proses pembuatannya. Namun tidak perlu khawatir dan bersusah payah memahami coding, pemula sudah bisa membuat game dengan beberapa software pembuat game berikut ini:

Daftar isi

1. BuildBox

BuildBox adalah salah satu software yang mempunyai tampilan antarmuka atau interface yang mudah dimengerti. Bahkan menampilkan fitur andalan drag-and-drop yang lebih memudahkan pemula dalam membuat game tanpa coding. Terdapat pula beberapa fitur andalan yang ada pada BuildBox, diantaranya:

  • Game Wizard. Fitur ini akan memudahkan untuk setup 2D atau 3D. Serta juga berfungsi untuk poiters apabila pengguna masih bingung saat membuat game.
  • Brainboxes. Mempunyai fitur Drag aset yang dapat menentukan role-nya pada objek, karakter utama atau musuh.
  • Smart Assets. Memiliki preset animasi yang sangat membantu proses pembuatan game.
  • Easy Monetization. Fitur penting dari Buildbox ini yang membantu monetisasi game yang sudah dibuat.

2. Stencyl

Awalnya software ini terkenal pada tahun 2000 yang berformat Flash, sebelum terancam punah karena keberadaan HTML 5. Akan tetapi toolset ini masih digunakan programmer, teruntuk pemula sebagai platform simple untuk membuat game tanpa pemahaman coding.

Software ini dapat diekspor sebagai game untuk desktop ringan yang dapat menjalankan Adobe AIR. Dimungkinkan pula untuk mengekspor data ke perangkat iOS dan Android. Tentunya begitu direkomendasikan bagi pengguna yang ingin menggunakan software pembuat game secara mudah.

3. RPG Maker MV

Versi RPG Maker MV ini merupakan kelanjutan dari seri RPG Maker yang telah ada lebih dari dua puluh tahun lamanya. Ukuran sprite baru yang lebih besar dan resolusi definisi tinggi akan digunakan untuk tampilan visual game. Tipe game RPG (Role-Playing Game) ini tidak perlu merancang atau pun coding karena sudah bisa customize game RPG yang akan dibuat, seperti:

  • System Battle Mode. Programmer bisa memilih cara bertarung, skill dan visualisasi pertarungan dalam game.
  • Membuat map Memudahkan programmer untuk membuat map sendiri dengan lebih dari 100 pilihan peta atau map sesuai kreasi sendiri.
  • Resolusi grafis yang bagus. Software ini akan memberikan pilihan resolusi game antara 544 x 416 atau resolusi paling tinggi 816 x 624.
  • Atur dengan mouse atau Tap Mendesain game memakai mouse atau tap langsung (jika menggunakan HP).

4. Clickteam Fusion 2.5

Software yang satu ini merupakan program pembuatan game yang lebih luas daripada RPG Maker MV, karena tentunya tidak perlu banyak coding dan masih berbasis RPG. Fitur yang ada juga memungkinkan untuk  membuat animasi seperti yang dibuat dengan Adobe Flash.

Beberapa game terkenal yang dihasilkan dari software ini yaitu Five Night at Freddy’s, The Escapist, dan Angry Video Game Nerd Adventures. Tentunya terbilang cukup menarik dan layak dicoba, bukan?

5. GameSalad

GameSalad adalah software Game Maker bebas coding terbaik dengan dukungan untuk game web berbasis iOS, Android, dan HTML5. Dilengkapi pula dengan fitur yang menjadikannya alat pembelajaran yang ideal untuk konsep pemrograman game, desain game, dan banyak lagi. Beberapa game yang dihasilkan, yaitu antara lain seperti Mazes of Karradash, Get_Fiquette, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa referensi untuk pemula yang ingin mencoba membuat game. Tahun berganti tahun selalu ada pembaruan software pembuat game yang lebih sederhana, ringkas dengan atau tanpa coding. Pengguna tidak perlu khawatir dan bisa menghasilkan beragam game menarik.

Avatar of Zulfianto
Zulfianto

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 5 Software Pembuat Game Tanpa Coding Untuk Pemula yang dipublish pada 26 Mei 2022 di website TeknoloNews.com

Artikel Terkait

error: Konten di proteksi !!!