Software Wiring Diagram Listrik

Inilah 7 Rekomendasi Software Wiring Diagram Listrik Terbaik

Software wiring diagram listrik adalah software yang digunakan untuk merancang rangkaian listrik. Software ini memiliki bermacam fitur serta instrumen yang sudah ada di dalamnya. Pengguna tinggal merancang serta meningkatkan bermacam fitur ataupun instrumen tersebut. Software tersebut digunakan untuk merancang desain sirkuit listrik yang mempermudah pembangunan suatu rangkaian listrik secara real dengan dorongan simulasi.

Daftar isi

7 Software Wiring Diagram Listrik

Bagi seseorang yang bekerja di dunia elektro maupun masih mahasiswa, pastinya wajib memiliki software wiring diagram listrik. Pengguna bisa mengekspor desain yang sudah dirancang ke dalam bermacam format, semacam PDF, SVG, serta masih banyak lagi. Pastinya pengguna yang masih pemula ingin mengetahui apa saja rekomendasi software yang terbaik. Berikut rekomendasinya di bawah ini.

1. Fritzing

Software Fritzing ialah software yang bisa digunakan di komputer dengan Sistem Pengoperasian Windows. Pengguna dapat mengendalikan bermacam komponen listrik dan bisa menggabungkannya dengan fitur koneksi kabel.

Saat ini aplikasi Fritzing pula sudah menunjang fitur zoom, drag like serta pan di ruang kerjanya. Pengguna pun juga dapat menaruh hasil kerjanya dengan mudah ke dalam format pdf, PNG, atau lainnya.

2. KiCAD

KiCAD merupakan software berbasis open source yang diperuntukkan untuk desain elektronik serta PCB. KiCAD mempunyai banyak fitur dan instrumen buat merancang proyek listrik (zoom, pan, serta undo).

Keunggulan dari software ini adalah bisa menempatkan seluruh komponen listrik dan elektronik dalam satu tempat. Pengguna dapat dengan mudah mencari serta memasukkannya ke dalam diagram yang sedang terbuat.

3. TinyCAD

TinyCAD ialah software wiring diagram listrik dengan dimensi software yang lebih kecil dibanding software yang lain. Software ini mempunyai banyak komponen listrik di dalamnya yang mudah ditambahkan dalam desain.

Namun meskipun begitu, terdapat kelemahan pada kotak perlengkapan software ini yang tidak mempunyai foto ikon untuk instrumen listrik. Untuk mencari perlengkapan, pengguna bisa mengetik nama perlengkapan di kolom pencarian.

4. ProfiCAD

Software ProfiCAD bisa dibilang sangat bagus serta kaya akan fitur. Untuk mengakses fitur yang lebih banyak, pengguna wajib upgrade ke tipe berbayar. Pengguna dapat menggambar desain perlengkapan listrik keperluan rumah ataupun bangunan. Tidak hanya mempunyai ruang kerja yang intuitif, ProfiCAD dapat membuat serta mengekspor diagramnya jadi file DXF ataupun PNG.

5. IdealCircuit

Software IdealCircuit memungkinkan pengguna untuk menggambar serta menaruh file diagram listrik dalam file EMG, JPG, serta PDF. Keunggulannya yakni interface aplikasi ini sederhana sehingga sesuai untuk pemula.

Tidak hanya itu, aplikasi ini tidak butuh diunduh serta dapat dijalankan secara portabel. Metode pemakaian idealCircuit juga sangat gampang. Pengguna bisa langsung menyeret serta meningkatkannya ke diagram listrik.

6. Autodesk Circuits

Autodesk Circuits ialah software diagram listrik berbasis online. Software ini mempunyai bermacam berbagai fitur, semacam Electronics Lab, Design PCB, Perpustakaan Manager, Circuit Scribe, serta Eagle.

Perlu dicermati bahwa software ini mempunyai komponen yang terbatas sehingga pengguna terbatasi dalam merancang suatu rangkaian listrik. Interfacenya yang sederhana pastinya dapat menolong pemula dalam belajar membuat rangkaian listrik.

7. Smart Logic Simulator

Software ini dapat diunduh lewat Google PlayStore pada Android. Fitur yang termuat dalam software ini yakni mempunyai bermacam sensor semacam sensor jarak serta sinar dan bisa mengimport sirkuit lanjutan.

SemUa file bisa terintegrasi pada satu file saja, sehingga mempermudah di kala proses share. Software ini juga dapat digunakan pada skala industri selaku bahan simulasi lebih murah yang cukup direkomendasikan.

Itulah rekomendasi 7 software wiring diagram listrik yang pastinya mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Pengguna bisa memilih salah satu dari ketujuh aplikasi tersebut dan menyesuaikannya dengan kebutuhan dalam mendesain suatu diagram listrik. Seluruh software tersebut dapat diunduh dengan gratis, tetapi ada sebagian software yang berbayar untuk dapat memakai seluruh fitur yang ada di dalamnya.

Avatar of Zulfianto
Zulfianto

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Inilah 7 Rekomendasi Software Wiring Diagram Listrik Terbaik yang dipublish pada 23 Mei 2022 di website TeknoloNews.com

Artikel Terkait

error: Konten di proteksi !!!