cara cek id telegram

Cara Cek Id Telegram Punya Sendiri Maupun Punya Seseorang

TeknoloNews.comTelegram sebagai salah satu aplikasi chatting yang sekarang ini banyak digunakan setelah Whatsapp. Seperti aplikasi chatting lainnya yang memiliki fitur id atau username, mungkin sebagian orang yang baru menggunakan Telegram mungkin masih bingung cara cek ID Telegram.

Apalagi, mengetahui ID Telegram dapat membantu pengguna saat akan menambahkan kontak baru. Hal ini karena saat mengetahui ID Telegramnya, pengguna tidak perlu repot memasukan nomor lagi. Sebelum membahas tentang bagaimana cara cek ID Telegram, sebaiknya pengguna harus tahu dahulu fungsi dan kegunaannya.

Daftar isi

Fungsi ID Telegram

Seperti yang telah dijelaskan di atas fungsi ID Telegram sama dengan username. Hal ini yang membuat pengguna dapat menambahkan kontak seseorang atau sebaliknya hanya dengan username tanpa no HP. Dengan ketik ID Telegram saja, pengguna juga sudah dapat menemukan akun pengguna lain serta berkomunikasi dengannya.

Fungsi lainnya adalah akun pribadi, grup dan channel di telegram juga memiliki ID Telegram tersendiri. Hal ini yang memudahkan pengguna saat mencari grup dan channel menarik di Telegram.

Cara Mengecek ID Telegram

Setelah pengguna tahu penjelasan tentang fungsi dari ID Telegram, maka akan langsung ke pembahasan cara mengetahui cek ID Telegram. Berikut ini cara cek ID Telegram punya sendiri maupun punya seseorang yang dapat pengguna coba, yaitu:

1. Cek Id Punya Sendiri Secara Langsung

Cara satu ini cukup mudah karena pengguna hanya perlu mengakses menu profile. Pengguna juga tidak perlu menggunakan fitur tambahan lainnya. Berikut inilah langkah-langkah selengkapnya:

  • Pertama, pengguna harus membuka aplikasi Telegram yang sudah di install di HP Android atau iOS.
  • Selanjutnya klik ikon yang bergaris tiga di sebelah kiri.
  • Kemudian, pengguna tinggal klik foto profile.
  • Nantinya akan diarahkan ke profile page.
  • Akan terlihat ID Telegram di kolom akun bagian username.

2. Cek ID Telegram Punya Sendiri Melalui Bot

Cara kedua untuk mengetahui ID Telegram ini sedikit berbeda dengan cara yang pertama. Pengguna kali ini menggunakan fitur BOT yang tersedia di aplikasi Telegram ini. Berikut inilah langkah-langkah mudahnya:

  • Pertama, pengguna dapat membuka aplikasi Telegram.
  • Selanjutnya pengguna tinggal masuk ke menu pencarian.
  • Setelah itu pengguna ketik UserInfoBot pada kolom pencarian tersebut.
  • Ketika menemukan channel atau bot tersebut, pengguna tinggal klik saja.
  • Saat masuk pada kolom chat akan tersedia menu bot, pengguna bisa langsung saja ketikkan /start. Nantinya secara otomatis bot akan memberikan pesan informasi mengenai ID pengguna. Informasi yang diberikan berupa username dan nama profil yang pengguna gunakan.

Jika pengguna tidak menemukan bot userinfobot, pilih userinfobot dengan subscribers terbanyak. Kemudian, pengguna tekan username @userinfobot yang ada di dalam percakapan chat. Setelah itu, pengguna tinggal klik ‘Start’ untuk melihat username dan ID Telegram.

3. Cek ID Telegram Punya Seseorang Secara Langsung

Sebelumnya pengguna telah mengetahui cek ID Telegram diri sendiri. Maka selanjutnya akan dijelaskan cara untuk mengetahui ID pengguna lainnya. Berikut inilah cara selengkapnya:

  • Pertama, pengguna perlu membuka aplikasi Telegram yang sudah terpasang di ponsel.
  • Selanjutnya pengguna klik nama atau user yang ingin diketahui id-nya pada bagian atas. Nantinya, akan muncul ID Telegram pengguna tersebut.
  • Biasanya ID Telegram yang di maksud merupakan username pengguna tersebut.

ID Telegram pengguna lain yang bisa diketahui hanyalah sebatas username saja. Dengan mengetahui username saja, pengguna dapat langsung berinteraksi dengan pengguna tersebut.

Inilah pembahasan mengenai beberapa cara cek ID Telegram punya sendiri maupun ID punya seseorang. Ternyata cukup mudah untuk mengetahui ID Telegram sendiri maupun orang lain, bukan? Sekarang pengguna dapat menambahkan kontak baru di Telegram dan tidak perlu repot-repot menyalin nomor lalu menyimpannya.

Avatar of Zulfianto
Zulfianto

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Cek Id Telegram Punya Sendiri Maupun Punya Seseorang yang dipublish pada 27 Mei 2022 di website TeknoloNews.com

Artikel Terkait

error: Konten di proteksi !!!