cara merekam zoom meeting di hp

Cara Merekam Zoom Meeting Di Hp Gampang Dan Efisien

Aplikasi Zoom saat ini marak digunakan untuk banyak sekali kesempatan seperti meeting, pembelajaran, webinar bahkan kegiatan sosial lainnya. Beberapa orang lebih memilih merekam video agar dapat dipahami berulang kali dan kapan saja. Cara merekam Zoom meeting di hp mungkin menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan.

Pada aplikasi Zoom sendiri memang memberikan fitur untuk merekam video call, namun hanya bisa dilakukan oleh host saja atau pengguna Zoom berbayar. Tentu saja ada cara lain untuk dapat merekam Zoom tanpa menjadi host dan pengguna Zoom berbayar. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan khusus untuk pengguna smartphone.

Daftar isi

1. Memasang Aplikasi Perekam Layar

Hal yang harus dilakukan pertama kali untuk cara merekam Zoom meeting di hp adalah memasang aplikasi perekam layar. Ada beberapa tipe android yang memiliki perekam layar, bagi android yang tidak memiliki bisa unduh aplikasinya di Play Store. Selain untuk merekam, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan tangkapan layar.

Contoh aplikasi yang dapat digunakan adalah Screen Recorder Video Recorder, Perekam Layar, AZ Screen Recorder dan Mobizen. Aplikasi Screen Recorder menjadi aplikasi yang banyak digunakan dengan jumlah pengguna sebanyak seratus juta dan memiliki ukuran sebesar 38 MB. Fitur yang ditawarkan pun beragam seperti video edit, trim dan video to MP3.

2. Membuka Aplikasi Perekam Layar

Setelah mengunduh aplikasi pengguna bisa langsung membuka aplikasi perekam yang akan digunakan. Ikuti saja petunjuk atau perintah dari aplikasi untuk proses dan pengaturan awal. Pastikan juga telah memberi izin yang dibutuhkan aplikasi agar aplikasi berjalan tanpa kendala. Biasanya aplikasi meminta izin untuk mengakses galeri, camera, dan microphone.

Setelah aplikasi berjalan dengan sempurna, akan muncul ikon baru di ujung layar dan dapat digerakkan agar tidak menutupi pandangan pengguna. Apabila ikon tersebut disentuh akan muncul fitur-fitur rekaman seperti mulai merekam, stop dan setting. Ikon ini akan tetap ada di layar sampai pengguna menghilangkan ikon tersebut.

3. Membuka Aplikasi Zoom

Setelah aplikasi perekam siap, cara merekam Zoom meeting di hp selanjutnya adalah membuka aplikasi Zoom. Apabila belum memiliki aplikasi Zoom bisa mengunduh dari store app seperti Play Store, App Store dan App Gallery.

Bagi pengguna baru wajib untuk login dan mengisi data diri sebelum menggunakan aplikasi Zoom. Pengguna juga dapat masuk menggunakan Gmail agar proses login lebih praktis dan mudah.

4. Melakukan Zoom Meeting

Pengguna dapat melakukan Zoom meeting dengan 2 cara yaitu melalui link atau ke masuk ke aplikasi Zoom. Apabila pengguna diberikan link, tinggal klik link tersebut dan pengguna akan langsung direct ke aplikasi Zoom.

Sedangkan cara tanpa link, pengguna bisa masuk ke aplikasi Zoom dan pilih menu Join lalu masukkan ID dan password secara manual. Jika host belum memulai meeting tersebut, pengguna harus menunggu terlebih dahulu sampai host siap untuk memulai.

5. Melakukan Proses Perekaman

Langkah berikutnya apabila host sudah memulai meeting, dapat menekan ikon perekam layar untuk memulai proses perekaman. Setelah itu akan muncul notifikasi yang memberitahukan bahwa perekam layar melakukan tugasnya. Perekam layar juga menampakkan lama durasi yang sudah terekam pada layar hp.

6. Menyimpan Hasil

Selanjutnya apabila meeting sudah selesai, tekan ikon pause untuk menghentikan proses perekaman. Tombol tersebut akan divisualisasikan dengan bentuk persegi atau lingkaran. Hasil rekaman layar akan otomatis tersimpan ke galeri setelah pengguna menekan ikon pause.

Beberapa langkah di atas adalah bagian cara merekam Zoom meeting di hp untuk pengguna yang tidak memiliki fitur screen record di smartphone. Bagi yang memiliki fitur screen record, langkah yang harus dilakukan pun hampir sama. Jangan lupa untuk mengaktifkan record audio agar suara dalam meeting juga terdengar di hasil rekaman.

Avatar of Zulfianto
Zulfianto

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Merekam Zoom Meeting Di Hp Gampang Dan Efisien yang dipublish pada 13 Juni 2022 di website TeknoloNews.com

Artikel Terkait

error: Konten di proteksi !!!