Cara Aktifkan Google Authenticator

Ternyata Ini Cara Aktifkan Google Authenticator untuk Keamanan Ganda

Teknolonews.com Kejahatan pencurian data yang semakin marak membuat pengguna ponsel bisa memanfaatkan Google Authenticator untuk keamanan. Bagi yang belum tahu cara aktifkan Google Authenticator bagaimana bisa menyimak berikut ini.

Daftar isi

Apa itu Google Authenticator? Begini Penjelasannya!

Jika dijelaskan secara singkat, Google Authenticator merupakan sebuah tools atau software yang berguna sebagai autentikasi tambahan. Dimana aplikasi ini akan memberikan kode OTP yang waktunya hanya beberapa detik saja. Oleh karenanya, pengguna diharuskan untuk segera memasukkan kode yang sudah didapatkan.

Biasanya tools ini digunakan sebagai keamanan untuk akun Facebook yang dipakai untuk iklan. Tetapi kegunaannya juga bisa untuk mengamankan data pribadi di ponsel dan lainnya. Kelebihan yang ditawarkan dari aplikasi ini adalah mudah digunakan dan cepat.

Untuk aplikasi keamanan data pribadi ini bisa digunakan oleh pengguna perangkat iOS dan Android, baik itu ponsel atau PC. Pengguna bisa mendownload lewat store bawaan dari perangkat keras yang digunakan.

Langkah Mudah Mengaktifkan Google Authenticator di Ponsel

Apabila ingin mengaktifkan Google Authenticator, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Kemudian simak cara aktifkan Google Authenticator berikut dengan baik supaya tidak kebingungan saat mencobanya.

  • Persiapkan terlebih dulu verifikasi dua langkah (2FA) di akun Google.
  • Selanjutnya masuk ke akun Google.
  • Nantinya akan muncul beberapa pilihan, klik Security and Sign-in.
  • Lalu pilih Two-Step Verification dan scroll sampai menemukan pilihan Authenticator app.
  • Berikutnya pengguna memilih jenis ponsel yang dipakai, iPhone atau Android.
  • Kemudian buka aplikasi Google Authenticator dan akan muncul dua pilihan. Yaitu Scan Barcode dan Manual Entry, pilih satu mana yang ingin dipakai.
  • Setelah itu aktifkan Time Based.
  • Saat pengguna masuk memakai akun yang sudah dihubungkan Google Authenticator, maka diminta memasukkan kode verifikasi 6 angka lebih dahulu.

Sedikit catatan, jika pengguna memilih Scan Barcode maka perlu menginstal pemindai QR Code terlebih dahulu. Nantinya digunakan untuk scan kode di layar PC untuk verifikasi jaringan Google Authenticator.

Tetapi apabila pengguna memilih Manual Entry, nantinya Google mengirimkan kode 16 angka ke email. Dimana kode ini nantinya harus digunakan untuk verifikasi.

Cara Transfer Kode Authenticator ke Ponsel Baru

Pemilik ponsel lama yang akan berganti ke perangkat baru biasanya akan memindahkan semua data-datanya. Ketika ponsel yang lama terdapat Google Authenticator sebagai keamanan maka perlu ditransfer ke perangkat baru juga.

Ini dimaksudkan supaya perangkat ponsel baru tetap mendapatkan keamanan yang berlebih. Berikut tahapan-tahapan yang perlu diikuti untuk transfer kode Google Authenticator ponsel terbaru.

  • Unduh dan install aplikasi Google Authenticator terlebih dahulu.
  • Buka aplikasi dan klik Mulai.
  • Menuju ke bagian bawah dan klik ‘Impor akun yang sudah ada?’ untuk kebutuhan transfer kode.
  • Kemudian buat kode QR pada ponsel yang lama. Yakni buka aplikasi > klik Lainnya atau icon tiga titik > Transfer akun > Ekspor akun.
  • Lalu pilih akun mana yang akan ditransfer ke ponsel baru dan klik Berikutnya. Jika ingin beberapa akun yang ditransfer ke ponsel baru, maka bisa membuat kode QR lebih.
  • Selanjutnya beralih ke ponsel baru dan klik Pindai kode QR.
  • Nantinya akan mendapatkan notifikasi jika akun Google Authenticator sudah ditransfer.

Catatan penting: Apabila kamera tidak bisa memindai QR Code, bisa jadi karena terlalu kebanyakan info. Akan lebih baik untuk menggunakan sedikit akun ketika mengekspor.

Demikianlah pembahasan mengenai cara aktifkan Google Authenticator yang bisa dicoba pada ponsel. Dengan adanya software ini akan membuat pengguna menjadi lebih aman dalam memanfaatkan data pribadi.

Avatar of Zulfianto
Zulfianto

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Ternyata Ini Cara Aktifkan Google Authenticator untuk Keamanan Ganda yang dipublish pada 1 Januari 2023 di website TeknoloNews.com

Artikel Terkait

error: Konten di proteksi !!!