ciri ciri akun google di hack

Kenali Ciri ciri Akun Google di Hack Untuk Melindungi Data Diri

Teknolonews.com – Sebagian besar orang pasti memiliki akun Google. Akun google tidak hanya untuk sekadar email saja tetapi juga untuk bank, ponsel pintar, hingga BPJS. Pentingnya mengetahui ciri ciri akun Google di hack untuk melindungi data diri pengguna dari perbuatan jahat.

Hacker atau peretas tidak pandang bulu untuk meretas akun Google siapapun. Dengan meretas akun Google, peretas tersebut dapat mengambil foto, video, dan semua yang berkaitan dengan akun tersebut. Berikut adalah ciri bahwa akun Google diretas:

Daftar isi

1. Perubahan Kata Sandi

Untuk masuk dalam akun Google tentunya pengguna diminta untuk memasukkan kata sandi. Namun ketika pengguna gagal dan ditolak dalam memasukkan kata sandi, pengguna harus langsung waspada. Bisa jadi akun Google sudah diretas.

Salah satu yang umum dilakukan hacker adalah mengubah kata sandi. Dengan mengubah kata sandi akan membuat pengguna tidak dapat lagi mengakses akunnya. Namun jangan lengah, tidak peretas langsung mengubah kata sandi ketika menjalankan aksinya.

2. Menerima Email Peringatan

Ciri ciri akun Google di hack yang selanjutnya dan umum terjadi adalah adanya email masuk yang isinya peringatan bahwa ada alamat IP lain yang masuk. Untuk mendeteksinya pengguna dapat mengecek alamat IP tersebut dari mana berasal.

Jika detail dari alamat IP tersebut berbeda dengan lokasi pengguna, maka artinya ada upaya masuk dari orang lain ke dalam akun Google tersebut. Jika peretas sudah mengubah kata sandi, maka email peringatan ini tidak akan pernah diterima.

3. Adanya Pengguna Lain

Jika Google sudah mengirim email peringatan segera buka detail email tersebut untuk mengecek apakah benar orang lain berhasil masuk atau tidak. Biasanya akan ada detail nama pengguna yang berhasil masuk. Pengguna dapat mengetahui aktivitasnya dengan klik “Check Activity”.

4. Perubahan Peraturan Keamanan

Seperti diketahui saat membuat akun Google pertama kali pengguna diminta untuk memasukkan email pemulihan dan pertanyaan keamanan lainnya. Jika peretas sudah berhasil masuk, peretas akan mengubah email pemulihan juga. Sehingga peretas akan mengetahui jika pengguna mengubah kata sandinya.

Tidak hanya itu, peretas juga akan mengubah detail pertanyaan keamanan yang sudah pernah dibuat sebelumnya. Tentunya ini hal yang mudah dilakukan peretas. Jika memang sudah ada tanda mencurigakan, segera ubah detail peraturan sebelum berhasil dikuasai peretas.

5. Adanya Email Terkirim

Hal umum yang kerap dilakukan peretas adalah mengirim pesan ke orang yang terkoneksi dengan pemilik akun untuk tujuan meminta uang dan lain sebagainya. Jika ditemukan ratusan email keluar namun pengguna tidak pernah merasa mengirim email tersebut, patut dicurigai.

Ada kemungkinan juga Google akan memblokir akun tersebut karena dianggap adanya aktivitas yang tidak wajar terjadi. Peretas akan menyamar sebagai pemilik akun untuk melakukan kepentingannya. Tidak hanya itu, tetapi juga meminta informasi lainnya dari pengguna lain.

6. Adanya Email Perubahan Kata Sandi

Apabila peretas masuk ke akun media sosial atau bank yang digunakan maka peretas akan melakukan perubahan kata sandi. Biasanya akan ada email berupa pemberitahuan bahwa kata sandi sudah berhasil diubah. Dapat dipastikan bahwa akun lain yang terkoneksi sudah dikuasai.

7. Layanan Lain Diretas

Sosial media lain akan mudah diretas jika akun Google sudah berhasil dikuasai. Tidak hanya itu, biasanya peretas akan mudah mengakses e-commerce atau bank yang menggunakan akun tersebut. Pengguna patut waspada jika ada aktivitas tidak wajar pada akun lainnya.

7 ciri ciri akun Google di hack seperti di atas adalah hal yang umum terjadi. Ada baiknya pengguna waspada jika ada aktivitas lain. Sangat disarankan untuk mengganti kata sandi secara berkala untuk menghindari peretas masuk.

Avatar of Zulfianto
Zulfianto

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kenali Ciri ciri Akun Google di Hack Untuk Melindungi Data Diri yang dipublish pada 23 Januari 2023 di website TeknoloNews.com

Artikel Terkait

error: Konten di proteksi !!!