cara membuat link bit.ly google drive

Begini Cara Membuat Link Bit.ly Google Drive yang Mudah dan Cepat

Teknolonews.com – Google Drive yang bisa dijadikan sebagai media penyimpanan dokumen/data lain, juga dapat diakses berupa link. Cara membuat link bit.ly Google Drive biasanya dilakukan pengguna untuk memperpendek link yang diinginkan. Hal itu bisa diakses melalui aplikasi atau browser.

Penggunaan bit.ly sendiri mencakup berbagai hal atau beragam aplikasi yang ingin mendapatkan link tidak terlalu panjang. Termasuk yang dapat dilakukan pada aplikasi Google Drive. Berikut ini beberapa cara melakukannya beserta langkah-langkah yang diperlukan.

Cara Membuat Bit.ly Google Drive Melalui Browser

Bagi pengguna yang memiliki keterbatasan ruang penyimpanan sehingga tidak memungkinkan untuk menginstall aplikasi tambahan, cara membuat bit.ly Google Drive tetap bisa dilakukan. Dengan akses browser, pengguna dapat dengan mudah melakukan langkah seperti berikut:

  • Buka browser. Pada browser perangkat, pengguna dapat menuju ke website bit.ly dengan mengetikkan dan mencari dalam kolom browsing.
  • Masuk ke akun bit.ly. Jika belum memiliki akun, pengguna dapat melakukan pendaftaran/sign up. Namun, jika telah memiliki akun, pengguna bisa masuk/log in ke akun bit.ly tersebut.
  • Buka Google Drive. Untuk memilih dokumen/data lain yang ingin diubah pada bit.ly, pengguna dapat membuka Google Drive terlebih dahulu.
  • Copy link yang diinginkan. Setelah menemukan dokumen/data pada Google Drive pengguna, copy link tersebut. Bisa dengan melakukan klik kanan pada kolom link URL, dan pilih copy.
  • Pilih Create. Ketika halaman bit.ly telah terlihat, pengguna dapat memilih menu “create”.
  • Salin link dari Google Drive. Pada bagian kolom pengisian link, salin link dari Google Drive yang telah dipilih dan dicopy pengguna sebelumnya dan klik “create”.
  • Isi Judul. Pengguna juga dapat mengisikan judul pada kolom pengisian “Title”.
  • Pilih menu “save”. Saat link yang telah diubah menjadi lebih singkat pada bit.ly, link tersebut akan terlihat pada bagian customize back half. Kemudian, pilih menu “save” jika dirasa telah sesuai semua prosesnya.
  • Bagikan link ke aplikasi/pengguna lain. Link yang telah selesai dibuat tersebut, dapat dibagikan ke media lain dengan memilih menu berbagi atau dengan mengcopy link-nya.

Cara Membuat Link Bit.ly Google Drive Melalui Aplikasi

Penginstalan aplikasi tambahan, dapat dilakukan pengguna untuk mendapatkan cara yang lebih mudah dan cepat pada ponsel. Sebenarnya, cara membuat link bit.ly Google Drive  tidak jauh berbeda dengan akses website bit.ly pada browser. Berikut langkah yang bisa dilakukan:

  • Install aplikasi bit.ly. Pengguna dapat menginstall aplikasi bit.ly pada ponselnya.
  • Log in ke akun bit.ly. Log in ke akun bit.ly juga dapat dilakukan dengan akses akun Google, Facebook dan lainnya.
  • Pilih Dokumen/data dari Google Drive. Buka Google Drive dan pilih dokumen/data yang diinginkan pengguna dari media penyimpanan tersebut, lalu copy link-nya.
  • Klik Ikon tambah. Setelah tampilan bit.ly terlihat, klik Ikon tambah berwarna biru yang tertera di sisi kanan bawah.
  • Salin Link. Salin ulang link ke bit.ly dari media Google Drive yang telah dipilih dan dicopy sebelumnya. Kemudian, pilih “create”.
  • Berikan Judul. Pengguna juga bisa memberikan judul/title pada kolom pengisian yang tersedia.
  • Share/Copy link bit.ly. Link yang telah dibuat di aplikasi bit.ly, dapat dibagikan ke pengguna lain atau beberapa aplikasi lainnya dengan menu bagikan. Bisa juga dengan mengcopy link bit.ly tersebut.

Dengan adanya Cara membuat link bit.ly Google Drive seperti yang telah diulas sebelumnya, pengguna dapat memilih akses yang diinginkan. Tanpa menginstall aplikasi tambahan maupun dengan menginstallnya, pengguna tetap bisa melakukan cara tersebut dengan mudah untuk keperluan akses link yang diinginkan.

Avatar of Zulfianto
Zulfianto

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Begini Cara Membuat Link Bit.ly Google Drive yang Mudah dan Cepat yang dipublish pada 12 Januari 2023 di website TeknoloNews.com

Artikel Terkait

error: Konten di proteksi !!!