kenapa google form tidak bisa dibuka

Kenapa Google Form Tidak Bisa Dibuka? Berikut Jawabannya

TeknoloNews.comGoogle Form adalah layanan gratis milik Google untuk membuat kuesioner online secara mudah. Penting untuk mengetahui kenapa Google Form tidak bisa dibuka, dengan begitu pengguna dapat mengatasi masalahnya dan membuka Google Form seperti biasanya.  

Google Formulir atau yang biasanya disebut Google Form biasa digunakan untuk keperluan survei yang berisikan berbagai pertanyaan secara online. Sering terjadi ketika seseorang hendak membuka link Google Form tersebut tidak bisa terbuka. Lantas apa penyebabnya? Bagaimana solusinya? Simak berikut ini.

Daftar isi

Penyebab Google Form Tidak Dapat Dibuka

Lumrah terjadi ketika hendak memakai suatu layanan online terjadi beberapa masalah di dalamnya, termasuk tidak bisa mengaksesnya. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan pengguna tidak bisa mengakses layanan tersebut, termasuk layanan Google form. Kemudian apa saja penyebabnya? Perhatikan contoh berikut ini:

1. Tidak memiliki izin

Penyebab pertama ketika tidak bisa membuka Google Form adalah pengguna tidak mempunyai izin untuk membuka link tersebut. Karena pembuat Google form bisa menentukan siapa saja yang dapat mengakses link tersebut. Pembuat dapat memilih antara untuk umum atau terbatas beberapa orang.

Oleh karena itu periksalah kembali, apakah pengguna termasuk orang yang dapat mengakses link tersebut atau tidak?

2. Akun Google Tidak Sesuai

Penyebab lainnya adalah bisa jadi karena akun Google pengguna pada browser tidak sesuai. Maka dari itu pastikan terlebih dahulu, apakah akun Google pengguna telah sama dengan yang ditambahkan oleh pembuat link formulir.

Jika berbeda, maka gantilah akun Google pada browser dengan akun yang telah ditambahkan pembuat Google Formulir.

3. Terhubung Dengan Aplikasi Lain

Sering terjadi ketika seseorang hendak membuka link Google Formulir pada WhatsApp atau sejenisnya kemudian otomatis terhubung pada aplikasi lainnya. Terkadang aplikasi tersebut tidak dapat membuka Google Formulir, seperti WPS office maka sudah dapat dipastikan tidak bisa mengisi link formulir

4. Browser Sedang Bermasalah

Ketika browser yang digunakan pengguna sedang bermasalah, maka besar kemungkinan tidak bisa membuka link Google Form. Browser bermasalah itu seperti error, butuh update, Dll. Oleh sebab itu jika pengguna tidak dapat membuka link formulir, maka pastikan browser digunakan tidak bermasalah.

5. Link Kadaluarsa

Pembuat Google Form dapat memberikan batas waktu untuk pengisian formulir tersebut. Jika waktu telah habis atau kadaluarsa maka siapapun tidak dapat membuka link formulirnya. Hal itu merupakan salah satu penyebab Google Form tidak dapat dibuka.

6. Cache Menumpuk

Penyebab berikutnya adalah karena cache yang menumpuk dalam browser. Sering kali seseorang membuka banyak situs di browser tanpa menutupnya kembali, hal tersebut yang membuat cache menumpuk dan kinerja browser menurun. Maka dari itu rajinlah untuk membersihkan cache pada browser.

Itulah beberapa kemungkinan penyebab Google Form tidak dapat dibuka. Selalu antisipasi beberapa masalah tersebut, agar dapat membuka link formulir dengan lancar tanpa hambatan.

Cara Mengatasi Google Form Tidak Dapat terbuka

Setelah mengetahui kenapa Google Form tidak bisa dibuka, pengguna juga harus mengetahui cara mengantisipasinya. Terdapat beberapa cara untuk mencegah terjadinya masalah saat membuka link Google Form. Simak berikut beberapa caranya:

  • Rajin untuk update browser, untuk menghindari Google Chrome yang kadaluarsa.
  • Jika web pada browser sering terjadi error maka silahkan install ulang browser tersebut, untuk memulihkannya seperti semula.
  • Sering membersihkan cache pada browser agar tidak terlalu banyak menumpuk dan menimbulkan berbagai masalah.
  • Pastikan Log in dengan akun yang telah terdaftar dalam akses masuk pada Google Form.

Itulah beberapa penyebab kenapa Google Form tidak bisa dibuka serta beberapa cara mengantisipasinya. Cermati beberapa masalah tersebut dan lakukan cara mengatasinya, agar Google Form dapat diakses sebagaimana biasanya.

Avatar of Zulfianto
Zulfianto

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kenapa Google Form Tidak Bisa Dibuka? Berikut Jawabannya yang dipublish pada 15 Januari 2023 di website TeknoloNews.com

Artikel Terkait

error: Konten di proteksi !!!