software 3d untuk pemula

Inilah 7 Animasi Software 3D untuk Pemula yang Banyak digunakan

Sekarang ini, dunia animasi sedang menjadi bidang yang sedang hangat-hangatnya. Banyak orang yang mulai tertarik akan dunia animasi tersebut. Ada yang hanya dijadikan sebagai hobi semata, namun ada juga yang menjadikannya sebagai ladang mencari rezeki. Bagi yang baru terjun dalam bidang ini, jangan khawatir karena ada 7 software 3D untuk pemula yang sangat mudah dipraktikkan.

Seiring berkembangnya animasi yang semakin baik, tak heran bila profesi sebagai animator merupakan prospek karir yang menjanjikan untuk digeluti. Adanya hal tersebut, kini mulai bertebaran sekolah bidang animasi serta beragam kompetisi animator terbaik. Selain itu, mulai tersedia beragam jenis software animasi 3D yang mendukung dan mudah digunakan, dari yang gratis hingga berbayar. Berikut pilihan-pilihan software-nya:

Daftar isi

1. Blender

Blender adalah software 3D untuk pemula dan profesional yang berguna untuk mengedit video atau penambahan efek visual, membuat film animasi, dan video game. Beragam fitur yang tersedia dalam software ini seperti simulating, animating, modelling, rendering, rigging, motion dan motion tracking. Blender dapat digunakan pada Mac, Linux dan juga Windows yang tentunya mendukung dalam banyak format file.

2. Powtoon

Powtoon bisa di akses cukup melalui website, dimana dan kapan pun asal terkoneksi dengan internet. Pengguna dapat membuat presentasi beserta animasi singkat karena memiliki beragam jenis gaya animasi, baik itu animasi kartun ataupun infografis.

Powtoon sangat cocok bagi pemula karena dibuat sederhana sehingga pengguna dapat memulai belajar animasi yang tidak kalah keren dalam durasi singkat. Pemula bisa mencobanya untuk membuat animasi simpel namun tetap menarik.

3. Daz Studio

Daz Studio berfungsi sebagai software membuat animasi kecil dan film durasi singkat yang bisa dijadikan alternatif oleh pemula. Dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap, sehingga menjadi pilihan yang bagus sebagai software animasi 3D yang lebih canggih. Aplikasi Daz Studio juga memudahkan pengguna dalam pengerjaan proyek tanpa mengubah pemetaan aset dan rendering.

4. KeyShot

KeyShot termasuk software yang bisa membuat animasi dalam bentuk 3D maupun 2D yang dapat diakses secara free. Fitur menarik yang dimilikinya yaitu, real-time rendering yang bisa memberikan hasil secara cepat dan instan. KeyShot dilengkapi fitur focus caustics yang dapat fleksibel akses, kontrol pencahayaan dan tekstur dinamis yang menirukan tampilan lanskap di dunia nyata.

5. Cinema 4D

Cinema 4D adalah software yang paling direkomendasikan bagi pemula karena tidak serumit software yang lain. Selain itu, juga dapat digunakan komputer yang spesifikasi rendah dan hasilnya tak kalah bagus.

Memiliki kurva yang lembut, menjadikan software ini cocok digunakan bagi pemula dalam belajar animasi 3D dan memiliki fitur untuk pemotongan adegan sampai pengembangan konsep. Cukup menarik dimanfaatkan untuk para pemula, bukan?

6. ZBrush

ZBrush berfungsi dalam membuat modeling 3D, memahat dan juga texturing. Software ini bermanfaat untuk membuat karakter yang selama ini ada di bayangan atau imajinasi pengguna. Cara kerja ZBrush cukup sederhana dan tradisional karena dalam pembuatan karakternya seperti memahat. ZBrush juga memperbolehkan untuk mengekspor model 3D dari software lain.

7. Mixamo

Pilihan terakhir yang bisa kamu gunakan untuk membuat animasi 3D sebagai pemula adalah Mixamo. Software ini memiliki tampilan sederhana sehingga mempermudah pengguna untuk mengeksplor.

Dilengkapi juga dengan fitur pendukung dengan panduan singkat yang dapat mendukung kegiatan kreator. Salah satu kelebihan dari Maximo yaitu sistemnya bekerja dengan cepat walaupun spesifikasi perangkat yang dimiliki standar.

Demikian ulasan singkat mengenai animasi software 3D untuk pemula yang paling banyak digunakan. Setiap dari software tersebut tentunya mempunyai kekurangan maupun kelebihan masing-masing, tinggal memilih mana yang sekiranya cocok dan dibutuhkan sesuai dengan penggunaan. Silakan mencoba dan berkreasi!

Avatar of Zulfianto
Zulfianto

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Inilah 7 Animasi Software 3D untuk Pemula yang Banyak digunakan yang dipublish pada 17 Juni 2022 di website TeknoloNews.com

Artikel Terkait

error: Konten di proteksi !!!