cara bikin bot telegram

Cara Bikin Bot Telegram Mudah Bagi Pemula

Telegram adalah aplikasi bertukar pesan dari Rusia. Tidak hanya bertukar pesan, Telegram memiliki banyak fitur lengkap lainnya, salah satunya ialah bot. Banyak orang kebingungan tentang cara bikin bot Telegram, tapi tak perlu khawatir ternyata membuat bot nyatanya cukup mudah.

Baik itu pemula maupun ahli IT, semuanya bisa memulai sebuah bot di Telegram. Bot ini cukup berguna bagi semua kalangan, tak hanya untuk bersenang-senang, tapi bot bisa digunakan untuk menyebarkan berita.

Daftar isi

Fungsi Bot Telegram

Bot Telegram berfungsi selayaknya robot otomatis yang akan melakukan perintah sesuai command. Perintah ini tak terbatas, bot bisa membalas pesan otomatis, menyebarkan informasi otomatis, menyebarkan pesan otomatis, hingga berbagi permainan secara otomatis.

Secara lebih spesifik, bot Telegram dapat mengirimkan informasi secara otomatis selayaknya koran pintar yang up to date. Bot Telegram juga bisa menjadi wadah bagi sebuah komunitas untuk saling berinteraksi satu sama lain.

Selain sebagai media interaksi dan informasi, bot Telegram juga bisa digunakan untuk hal yang lebih formal lainnya. Seperti mendapatkan informasi soal naik turunnya mata uang, ramalan cuaca, hingga fitur terjemahan.

Cara Membuat Bot Telegram

Bot Telegram dapat dibuat secara mandiri oleh pengguna Telegram. BotFather dan ManyBot adalah contoh fitur pembuat bot yang ada di Telegram. Cara bikin bot Telegram tak pun susah, berikut akan dipaparkan cara pembuatannya.

1. Membuat Bot dengan BotFather

Pertama ialah membuat bot tanpa coding dengan BotFather yang merupakan salah satu layanan yang tersedia dari Telegram. Dengan bot, pesan dapat dikirimkan secara otomatis ke channel tujuan. Berikut tata cara membuat bot dengan BotFather.

  • Cari ‘BotFather’ di search bar yang ada di bagian atas aplikasi Telegram.
  • Tekan menu mulai.
  • Tekan perintah.
  • Ketik nama pengguna bot yang berkisar sepanjang 5-32 karakter dan jangan lupa tambahkan kata ‘bot’ di akhir nama.
  • Token API HTTP akan didapatkan setelahnya. Salin dan simpan token tersebut.
  • Patut dicatat bahwa token API HTTP bersifat rahasia. Diharapkan untuk menyimpan token sebaik mungkin. Setelah semua rangkaian sudah selesai, maka bot pun dapat digunakan.

2. Memanfaatkan ManyBot

Bot Telegram tidak hanya dapat dibuat melalui BotFather saja. ManyBot adalah pihak opsi lain yang dapat membuat bot tanpa coding selanjutnya. Secara garis besar, bot dapat dibuat dengan token yang sudah didapat dari BotFather. Berikut tata cara pembuatannya.

  • Cari kata kunci ‘ManyBot’ di search bar
  • Ketik command ‘/addbot’ atau tekan opsi ‘create a new bot’.
  • Tekan ‘I’ve copied the API token’ dikarenakan token API sudah didapatkan dari BotFather
  • Masukkan kode token.
  • Kemudian tekan ‘skip’.
  • Bot pun sudah dapat digunakan.

Sebagai tambahan, jangan lupa untuk membuat fitur ‘custom commands’ yang dapat membalas otomatis. Ketik command yang ingin dibuat lalu masukkan jawaban atas command sebelumnya. Setelah menekan ‘simpan’, auto reply pun sudah bisa dijalankan.

Cara mengecek apakah command sudah berjalan adalah dengan mengetik command di bot yang telah dibuat. Jika bot membalas dengan auto reply yang diinginkan, berarti bot telah berjalan dengan baik.

Di masa serba canggih ini, bot telah menjadi bagian dari kegiatan bermedia sosial semua orang. Selain untuk mengakses informasi, bot dapat digunakan untuk berinteraksi dengan mengirimkan pesan beserta command yang akan diposting otomatis oleh bot. Maka tak ayal orang awam juga ingin tau cara bikin bot Telegram karena hal tersebut sangat dibutuhkan di zaman sekarang.

Avatar of Zulfianto
Zulfianto

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Bikin Bot Telegram Mudah Bagi Pemula yang dipublish pada 9 Juni 2022 di website TeknoloNews.com

Artikel Terkait

error: Konten di proteksi !!!