mic zoom tidak berfungsi

Sebab Mic Zoom Tidak Berfungsi Beserta Solusinya

Zoom merupakan salah satu aplikasi yang kerap kali digunakan untuk melakukan kegiatan presentasi dewasa kini. Aplikasi ini digunakan oleh pelajar saat melakukan kegiatan pembelajaran dan oleh pekerja untuk melakukan kegiatan meeting online. Karena tidak terbiasa menggunakannya, sering juga terjadi kendala, salah satunya mic Zoom tidak berfungsi.

Selain itu juga ada beberapa kendala lain contohnya saat melakukan share screen atau saat video delay atau suara tidak terdengar audience lain. Sebelum itu, mari ketahui terlebih dahulu kendala yang sering terjadi. Berikut adalah penyebab dan solusi yang harus diketahui agar penyelesaiannya pun sesuai dengan masalah yang sering ditemui.

Daftar isi

Kenali Penyebabnya

Sebelum mengetahui penyebab dari mic Zoom tidak berfungsi, tentu harus mengetahui tentang masalah apa yang dihadapi. Ada beberapa masalah audio yang bisa muncul pada aplikasi ini adalah tidak dapat mendengar dan tidak didengar. Masalah lainnya adalah tidak dapat mendengar, namun dapat didengar dan audio terdistorsi atau terdengar gema saat berbicara.

Setelah tahu masalah audio yang dikeluhkan, ada beberapa alasan penyebab mic tidak berfungsi lainnya yaitu seperti mic di mute oleh host. Alasan lain mic dinonaktifkan dari pengaturan perangkat, settingan awal salah, host mute mic, gangguan dari aplikasi lain dan masalah hardware.

Dengan mengetahui masalah dan penyebab yang dialami, pengguna sudah dapat memahami langkah awal apa yang akan terlebih dahulu dilakukan. Pengguna bisa mengatasinya dengan menyimak beberapa solusinya berikut.

Solusi Yang Dapat Dilakukan

Masalah mic Zoom tidak berfungsi dapat terjadi di berbagai device seperti web, desktop maupun smartphone. Berikut beberapa cara untuk memperbaiki permasalahan audio pada aplikasi Zoom dengan mudah, yaitu antara lain:

1. Pastikan Mic Terhubung

Langkah pertama tentu saja memastikan mic terhubung dan dihidupkan di perangkat pengguna. Apabila menggunakan mic eksternal, periksa kabel penghubung atau coba pindah ke port USB lain. Sedangkan untuk mic nirkabel bisa memeriksa pengaturan bluetooth dan pastikan baterai telah terisi. Setelah itu, coba kembali mic apakah sudah bisa berfungsi atau belum.

2. Pilih Join Audio

Sebelum melakukan panggilan biasanya Zoom meminta izin untuk mengakses mic pengguna. Mic tidak berfungsi juga bisa disebabkan karena pengguna tidak memberi izin kepada aplikasi ini. Pengguna dapat memilih tab menu Join Audio yang terletak di bagian bawah jendela untuk memastikan mic sudah memiliki akses atau mengaktifkan akses.

3. Pastikan Audio Tidak Dibisukan

Ketika pengguna sedang melakukan panggilan lalu terlihat ada garis silang merah di ikon mic pada tampilan bawah jendela Zoom. Mungkin itu penyebab mic tidak berfungsi karena mic dibisukan,. Oleh karena itu, aktifkan kembali dengan cara klik ikon mic. Ada pula cara lain dengan menekan tombol spasi pada keyboard untuk mengaktifkan.

4. Pilih Mic Yang Benar

Tidak jarang pengguna juga salah memilih perangkat mic mana yang akan digunakan. Untuk memeriksa apakah perangkat yang digunakan sesuai bisa memilih panah atas di sebelah ikon mic dan pastikan checklist berada di pilihan mic. Apabila audience lain dapat mendengar namun pengguna tidak, lakukan langkah datas lalu pilih speakers.

5. Ganti Mic

Sudah melakukan langkah di atas namun masih belum ada perubahan bisa lakukan penggantian mic yang digunakan? Caranya adalah masuk ke pengaturan, lalu pilih tab audio dan pilih ganti mic, pengguna dapat mencoba tombol test mic. Fungsinya untuk mengetahui apakah audio berfungsi dan pengguna juga dapat mengatur level volume.

6. Cari Masalah Lain

Langkah terakhir yang dapat dilakukan dengan cara memperbaiki masalah audio di aplikasi Zoom. Microsoft menawarkan solusi terkait masalah ini, pertama klik kanan pada ikon suara di taskbar lalu pilih Troubleshoot Sound Problems. Selanjutnya tinggal ikuti petunjuk yang berada di layar untuk langkah selanjutnya.

Di atas merupakan beberapa penyebab dan solusi mic Zoom tidak berfungsi secara semestinya. Jika belum ada perubahan, pengguna bisa melakukan uninstall lalu install kembali aplikasi Zoom, serta pastikan bahwa aplikasi sudah di versi paling terbaru atau tidak.

Avatar of Zulfianto
Zulfianto

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Sebab Mic Zoom Tidak Berfungsi Beserta Solusinya yang dipublish pada 16 Juni 2022 di website TeknoloNews.com

Artikel Terkait

error: Konten di proteksi !!!